Selasa, 24 Juli 2007

Jadilah Pakar Terhadap Diri Sendiri

Manusia terlahir di dunia ini dengan tujuan menjadi khalifah (pemimpin) yang hanya menyembah kepada Allah SWT. Tugas sebagai pemimpin merupakan tugas yang berat, tapi jangan terus kita menjadi underestimate terhadap diri kita sendiri. Kita harus yakin bahwa kita bisa, karena kita adalah manusia yang selalu belajar, dan ingat saat kita berhenti belajar, berarti kita mendekati kematian. Kita harus sadar untuk mempelajari diri sendiri. Kita tahu bahwa, pikiran, tubuh dan jiwa adalah anugrah yang diciptakan Allah untuk menjalankan kegiatan kita sehingga kita memberikan perhatian besar untuk mempelajari motivasi, riwayat dan perasaan.
Sudah seharusnya kita berusaha mempelajari diri sendiri, dan sekaligus juga berusaha membantu orang lain mempelajari dirinya masing-masing. Sikap selalu bertanya adalah hal yang baik untuk langkah mengenal diri, baik sisi negatif yang ada di diri, maupun sisi positif yang ada di dalam diri kita. Jangan pernah menyatakan diri selalu benar dan mengaku dapat menjawab semua pertanyaan. Maka ingat seseorang yang benar-benar sukses adalah orang yang telah melakukan pengenalan diri sendiri setiap hari.
Ada tiga cara untuk mengenal diri sendiri : Pertama, jangan pernah membohongi perasaan yang kita miliki, tapi hargai semua perasaan yang kita miliki. Perasaan marah, takut, sedih dan gembira merupakan hal yang ada di diri kita dan kita tidak bisa lari dari hal tersebut, karena jika mengabaikah perasaan tersebut jadilah kau orang yang tidak peka terhadap diri sendiri dan bahkan bisa berimbas kurang menghargai orang lain. Oleh karena itu hargai perasaan yang kita miliki, ceritakan semua perasaan sama jelasnya dengan saat kita menceritakan suatu hal dengan semangatnya.
Kedua, dapat menceritakan riwayat hidup masa lalu dengan jelas dan tahu apa yang ada di dalam diri dan apa yang diinginkan. manusia merupakan subjek dari suatu sejarah hidup, maka orang yang tahu secara detail dan mendalam tentang riwayat diri, baik yang kita miliki maupun yang kita inginkan, karena hal ini akan mendukung kehidupan kita saat ini dan masa depan.
Ketiga, bersikap terbuka terhadap dunia luar, yaitu selalu menerima umpan balik, baik kritik, saran maupun nasehat. Selalu bersinggungan dengan dunia luar, karena dunia luar merupakan tempat kita mengaktualisasikan diri, seperti hal kita ikut bersaran dan mengeluarkan ide di dalam situs, bloger, maupun penyedia forum silatuhrahmi seperti www.sriwijayanet.org, untuk keluarga Sumsel, situs forum profesi, mahasiswa, dan forum lainnya. karena dengan kita banyak berinteraksi dengan dunia luar kita akan tau apa yang kita miliki dan kita inginkan.
Semua usaha yang kita lakukan untuk mengenal diri sendiri merupakan keniscayaan yang sangat mendukung dalam tugas kita sebagai pemimpin di muka bumi ini, karena jika kita telah mengenal diri sendiri, kita akan tau pribadi orang lain, dan tau apa yang diinginkannya dari diri kita.

Tidak ada komentar: